Algoritma Terbaru Google Hummingbird 2013

- Oktober 03, 2013
advertise here
advertise here
Belum lama ini Google memperkenalkan algoritma terbarunya  yang diberi nama algoritma google hummingbird.Algoritma ini adalah perubahan algoritma yang sangat besar karena banyak mempengaruhi dari hasil pencarian hingga 85 %,oleh karena nya,ini adalah perubahan yang sangat besar.Tapi seberapa besarkah perubahan ini,?.saya belum tahu..Algoritma Terbaru Google Hummingbird 2013 ini di luncurkan beberapa hari yang lalu,akan tetapi,hummingbird sendiri telah di pasang google kurang lebih satu bulan yang lalu,dan kini Algoritma Terbaru Google Hummingbird 2013 telah resmi di luncurkan

Google Hummingbird 2013

Berbicara tentang algoritma,sebelumnya google sendiri telah meluncurkan google panda,google penguin,Google Dyno dan masih banyak lagi algoritma google untuk mesin pencari,Algoritma itu sendiri adalah sebuah rancangan prosedur perhitungan yang dilakukan langkah demi langkah untuk otomatisasi suatu proses.Kenapa mesin pencari membuat algoritma ini?karena mustahil mesin pencari dapat melakukan pengecekan semua halaman web satu per satu,maka dari itu di dalam sistem mesin pencari Google terdapat beberapa algoritma yang dipasang untuk mengolah data dari setiap halaman web.Ada yang memproses nama domain, memproses link, memproses onpage, memproses konten, ada yang memproses popularitas, dan lain sebagainya.

Algoritma inilah yang nantinya akan memberikan peringkat kepada setiap halaman menurut queri yang dimasukkan ke dalam kolom search mesin pencari.Di saat ini memang kita telah mengenal beberapa nama Algoritma dari Google, seperti caffeine, Panda, Penguin,algoritma EMD dan masih banyak lagi.Issu yang di dapat,apakah Algoritma Hummingbird Ini Meniadakan Pagerank?sepertinya tidak juga, karena pagerank masih termasuk beberapa faktor utama yang harus dikelola oleh hummingbird ini, dalam menilai apakah halaman anda memiliki kualitas yang baik atau tidak....

Kenapa Google memberi nama algoritma hummingbird?karena google sendiri menganggap bahwa algoritma ini cepat dan tepat seperti burung kecil yang bernama hummingbird.Jadi sangat banyak posisi pencarian yang guncang atau di banting oleh Algoritma Terbaru Google Hummingbird 2013 ini.Dan jika anda ingin tahu kapan Algoritma Hummingbird Ini Mulai melakukan pekerjaannya,seperti yang sudah saya katakan di atas,yaitu sekitar 1 bulan berjalan. Hanya saja baru beberapa hari yang lalu sekitar tanggal 20-24 Agustus 2013,karena pada tanggal tersebut ada beberapa blog yang grafiknya naik dan turun.Dan apabila blog anda grafiknya mengalami penurunan selama sebulan terakhir ini, maka kemungkinan sudah kena hukuman Algoritma Terbaru Google Hummingbird 2013.Dan bagi yang trafiknya meningkat atau stabil, kelihatannya burung kecil itu menyukai blog anda.

Kira-kira apa yang di lakukan Algoritma Terbaru Google Hummingbird 2013?Menurut master +Ricky Pratama Update Algoritma ini sepertinya telah membawa perubahan pada pengolahan data secara semantik,yang mana Algoritma tersebut tidak hanya mengolah kata demi kata, tapi berusaha "memahami" keinginan anda dari seluruh kata yang dimasukkan.Maka dari itu,perubahan ini lebih mengacu pada kueri yang panjang seperti kalimat; misalnya "Bagaimana hasil pertandingan antara Persib Vs Persija" atau "Apakah dasar-dasar membuat blog menjadi seo friendly"Jadi ini sangat mempengaruhi long tail keyword, sehingga orang-orang yang kurang memperhatikan penerapan long tail keyword akan mendapat masalah dengan "mesin baru" ini.

Meskipun kehadiran Algoritma Terbaru Google Hummingbird 2013 membuat perubahan besar pada mesin pencarian,apakah SEO sudah tidak berguna lagi? tentu saja belum,SEO masih akan di butuhkan untuk saat ini,hanya saja kita perlu melihat apa saja yang perlu disesuaikan,karena inilah seni dari sebuah SEO di mana kita harus bisa mengikuti naik turunnya gelombang algoritma yang dibuat oleh Google.,dan untuk mengatasi algoritma ini,saya rasa masih menggunakan cara lama,seperti menulis artikel yang bermutu,jangan asal copas,dan yang lainnya sehingga trafik blog anda akan setabil bahkan meningkat drastis.

Okeeyyy,,,mungkin itu saja dari saya tentang perkenalan sebuah algoritma terbaru dari google,yaitu Algoritma Terbaru Google Hummingbird 2013,semoga apa yang sudah saya berikan ini bisa bermanfaat buat kita semua,terimakasih dan salam sukses buat anda semuanya.

Advertisement advertise here

31 komentar

avatar

Mantap ulasan algoritma Google Hummingbird, saya sendiri msh blm tau dgn penguin, panda atau yg lain...eee malah muncul hummingbird...

avatar

belum selesai ama google panda sekarang ada si burung... waduh blog saya bisa maju lagi nggak ya

avatar

Menarik sekali memang membahas algoritma google yang satu ini.
Bisa jadi ini adalah langkah lanjutan google untuk membuat mesin pencari yang lebih "manusiawi" dapat berinteraksi layaknya manusia dengan memahami berbagai makna di balik pertanyaan, seperti 5W+1H.

Beberapa minggu yang lalu juga telah ramai pembahasan tentang "LSI (Latent Semantic Indexing)" yaitu sebuah algoritma yang dapat memilah makna seperti kata mobil akan memiliki kesamaan makna dengan kendaraan roda empat. Bukan sekedar mengerti sinonim namun google ingin lebih mengerti arti, deskripsi, dan sebuah makna dari suatu kata kunci.

Benar sekali bila ingin tetap eksis di kompetisi search engine dan mendapat posisi serp yang bagus, menguasai isi konten dan memperhatikan long tail keyword adalah hal yang mutlak di perhatikan.
Saya menyarankan gunakan juga tool untuk LSI keyword anda dalam membidik LTK.

Thank untuk tempat berkomentarnya :)
Saya adalah salah satu blogger yang kehilangan hampir 50% trafik karena algoritma baru ini.

Salam blogger.
Rahma^^

avatar

Semoga blog ane tidak kena hukuman dari burung kecil ini ya sob

avatar

hee,,itu lah google,inovasinya tiada henti,makasih sob dh mau berknjung,,semoga bermanfaat

avatar

santai aja kawan,,,keep smile

avatar

oke mba..thanks juga dh mau mampir dan komen di lapak jelek ini...mantap juga infonya,terutama tentang LSI nya..salam blogger

avatar

oke sob,,,mdah2an,, :D

avatar

selamat malam Sob,,,wah ternyata ada lagi yaa Sob Algoritma terbaru dari eyang google, waah mungkin gara gara Algoritma terbaru ini traffic blog saya jadi turun

avatar

jadi algortima nya sekarang berubah lagi , wah jadi harus banyak analisis lagi nih

avatar

Makasih bro artikelnya sangat membantu
kunjung balik yah http://pusat-sekolah.blogspot.com/

avatar

waduh, hampir seratus persen ya. thx bro buat sharenya, sangat membantu sekali :)

avatar

Pantes, udah banyak blog yang lenyap. Thx kwan infonya

avatar

Denger" si ga begitu berbahaya ya gan, yang penting berkualitas kontennya. mungkin awal aja kali ya, masih adem ayem. :D thx gan

avatar

mantep atuh tah ari begitumah, sip deh, lumayan bertambah pengetahuan tentang algoritme.

avatar

GOOGLE Search Engine, sudah mendekati kesempurnaan ya mbak. Sampai mengerti arti, deskripsi, dan sebuah makna dari suatu kata kunci, ngerti WHAT, ,WHO, WHEN, WHY, WHERE, and HOW .... :D

GOOGLE memang luar biasa..!!

avatar

Sebuah cara kerja dari mesin pencari yang luar biasa.
Hampir perfect. Harus pandai pandai berbahasa yang baik dan benar. Terapkan Longtail keywords.

Kerja keras lagi,.. , belajar lagi...

avatar

sepertinya begitu kawan,, :D

avatar

bisa jadi ya,,bisa jadi yang lain,,hee

avatar

bukan berubah,,tapi bertambah,,,:D
AYO,,Mari sama2 kita analisa blog kita

avatar

sama2,,makash jg dh mau mampir kawan

avatar

yoi bro,,,sepertinya memang begitu

avatar

mungkin juga sob...makasih jg knjungannya

avatar

kalau lenyap sepertinya bukan yg ini sob,,paling sama algoritma lain,,ky sandbox,penguin,,dll

avatar

bikin panik aja ne mbah google :)

avatar

goggle emnk keren., brinovasi tiada henti *smile
makasih infox

avatar

sama2,,,makash jga kjngannya sob

avatar

Semoga blog ane bisa mengalami kenaikan dengan adanya algoritma baru

avatar

Ikut menyimak sobat.
Algoritma baru yang canggih memang diperlukan sobat, karena sungguh tidak memungkinkan menelusuri seluruh web/blog beserta strukturnya. Untuk proses verify semua hal yang terjadi pada jutaan situs, termasuk unsur unsur yang sobat sebutkan tadi diatas, maka mesin pencari memilah dan mendelegasikan kepada sub-delegated dari mesin pencari itu sendiri, sehingga didapat data yang tepat dan lengkap sebelum diolah.

Sekedar penalaran sobat.


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search