Tips Bertransaksi Aman di Internet Banking

- Maret 13, 2013
advertise here
advertise here
E-banking yang juga dikenal dengan istilah internet banking ini adalah melakukan transaksi, pembayaran, dan transaksi lainnya melalui internet dengan website milik bank yang dilengkapi sistem keamanan. Dari waktu ke waktu, makin banyak bank yang menyediakan layanan atau jasa internet banking yang diatur melalui Peraturan Bank Indonesia No. 9/15/PBI/2007 Tahun 2007 tentang Penerapan Manajemen Risiko Dalam Penggunaan Teknologi Informasi Oleh Bank Umum. Penyelenggaraan internet banking merupakan penerapan atau aplikasi teknologi informasi yang terus berkembang dan dimanfaatkan untuk menjawab keinginan nasabah perbankan yang menginginkan servis cepat, aman, nyaman murah dan tersedia setiap saat (24 jam/hari, 7 hari/minggu) dan dapat diakses dari mana saja baik itu dari HP, Komputer, laptop/ note book, PDA, dan sebagainya.

Di jaman serba internet seperti sekarang ini,memang memudahkan kita untuk melakukan kegiatan atau aktifitas tertentu,yah karena teknologi di buat memang untuk memudahkan kita sebagai manusia si pembuat teknologi tersebut,salah satu kemudahan yang kita dapat lewat internet adalah dengan adanya Internet Banking.Di bawah ini saya akan memberikan Tips Bertransaksi Aman di Internet Banking
Demi kenyamanan dan keamanan Anda dalam bertransaksi di Internet Banking anda, berikut beberapa tips yang perlu diperhatikan:
Tips Bertransaksi Aman di Internet Banking
KeyBank/Token Dari Google
  • KeyBank hanya digunakan untuk aktivitas berikut:

a. melakukan transaksi finansial: transfer, pembayaran, pembayaran e-commerce, dan pembelian.
b. mendaftarkan rekening tujuan transfer, mengubah alamat email, registrasi inquiry kartu kredit Bank,tambah/hapus koneksi KeyBank, aktivasi KeyBank, dan aktivasi KlikPay.

  • Pihak bank biasanya tidak pernah meminta memasukkan angka/respon dari KeyBank diluar dari transaksi yang disebutkan di atas. Jika Anda mendapatkan layar untuk memasukkan angka dari KeyBank di luar dari transaksi yang disebutkan di atas, segera Hubungi costumer service pihak bank tersebut baik melalui telefon maupun melalui seluler atau HP.
  • Jangan meminjamkan, memindah tangankan KeyBank serta memberitahukan PIN KeyBank Anda kepada orang lain.
  • Periksa daftar rekening tujuan transfer secara berkala. Anda dapat menghapus rekening tujuan yang sudah tidak diperlukan pada menu Administrasi - Hapus Daftar Transfer.
  • Pada saat melakukan transaksi transfer, pastikan bahwa nama dan nomor rekening tujuan penerima transfer adalah benar.
  • Pastikan Anda mengakses Internet Banking Bank tersebut melalui alamat resmi situs bank yang bersangkutan 
  • Untuk menghindari kesalahan penulisan alamat situs bank yang bersangkutan, simpan alamat situs pada menu favorites atau bookmarks, sehingga untuk selanjutnya jika Anda ingin mengakses Internet Banking pada suatu waktu, cukup memilih dari menu favorites atau bookmarks
  • Periksa sertifikat SSL untuk memastikan bahwa Anda menerima sertifikat SSL yang sah yang telah terdaftar untuk ibank atau internet banking
  • Pastikan bahwa pada browser Anda terdapat gambar gembok/kunci yang mengindikasikan bahwa halaman yang Anda akses saat ini dienkripsi dengan menggunakan SSL. Jika Anda tidak melihat gambar gembok/kunci, dimohon Anda untuk logout.
  • Pastikan bahwa Anda telah logout saat meninggalkan komputer Anda meskipun hanya sesaat.
  • Sebaiknya Anda tidak mengakses internet banking di warnet atau jaringan yang tidak dapat dipastikan keamanannya.
  • Waspadai upaya penipuan dari oknum yang mengatakan sebagai petugas bank melalui telepon, faks atau email, yang menanyakan data pribadi, termasuk PIN Internet Banking dan PIN KeyBank. Karena petugas bank biasanya tidak akan meminta atau menanyakan nomor PIN.
  • Mengganti PIN secara berkala dengan kombinasi angka yang unik dan sulit ditebak oleh orang lain
  • Apabila Anda menerima pesan yang menjelaskan bahwa sertifikat tidak sah, dimohon Anda tidak melanjutkan akses internet banking anda dan segera hubungi costumer service bank yang bersangkutan.

Nah itu dia tips aman di internet banking,semoga tips yang saya tuliskan di atas bisa bermanfaat buat kita pengguna jasa E-Banking atau internet banking.Terimakasih

SEMOGA BERMANFAAT...

Sumber BCA
Advertisement advertise here


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search