Fitur HTTPS Pada Blogspot Dan Cara Mengaktifkannya

Fitur HTTPS Pada Blogspot Dan Cara Mengaktifkannya - Assalamualaikum sahabat blogger dimanapun anda berada, sudah lama juga saya tidak menulis di blog ini dikarenakan ada berbagai macam alasan, mulai dari sibuk sampai malas untuk posting. Sekarang ada informasi terbaru tentang fitur dari blogspot. Sebelumnya blogspot sendiri telah merubah blogspot.com menjadi blogspot.co.id untuk wilayah Indonesia, sekarang blogspot menambahkan Fitur HTTPS yang baru saja di luncurkan pagi tadi.

Apa itu Https.? Bagi anda yang belum tahu tentang https pada sebuah domain saya akan coba sedikit menerangkan tentang Https. Protokol transfer hiperteks adalah versi aman dari HTTP, protokol komunikasi dari World Wide Web. Ditemukan oleh Netscape Communications Corporation untuk menyediakan autentikasi dan komunikasi tersandi dan penggunaan dalam komersi elektris. Untuk selengkapnya silahkan kunjungi HTTP Secure dari Wikipedia.

Cara Mengaktifkan Fitur HTTPS Pada Blogspot


Dalam mengatur untuk mengaktifkan fitur baru ini, anda tidak usah bingung-bingung karena blogger sudah memudahkan kita. Caranya sangat lah gampang, silahkan lihat gambar dibawah ini atau ikuti caranya :

Pertama, masuklah ke dalam dasbor Blogger anda. Setelah itu pilih "Setelan > Dasar > Setelan HTTPS". Pilih "Ya".

Fitur HTTPS

Selanjutnya anda pilih " YA " dan jika masih kurang paham dengan peringatan yang diberikan seperti gambar dibawah, silahkan klik pelajari selengkapnya seperti yang di kotak merah.


Fitur HTTPS

Selain menggunakan komunikasi plain text, HTTPS menyandikan data sesi menggunakan protokol SSL (Secure Socket layer) atau protokol TLS (Transport Layer Security). Kedua protokol tersebut memberikan perlindungan yang memadai dari serangan eavesdroppers, dan man in the middle attacks. Pada umumnya port HTTPS adalah 443.

Tingkat keamanan tergantung pada ketepatan dalam mengimplementasikan pada browser web dan perangkat lunak server dan didukung oleh algorithma penyandian yang aktual. Oleh karena itu, pada halaman web digunakan HTTPS, dan URL yang digunakan dimulai dengan ‘https://’ bukan dengan ‘http://’

Fitur HTTPS Pada Blogspot Dan Cara Mengaktifkannya

Kesalahpahaman yang sering terjadi pada pengguna kartu kredit di web ialah dengan menganggap HTTPS “sepenuhnya” melindungi transaksi mereka. Sedangkan pada kenyataannya, HTTPS hanya melakukan enkripsi informasi dari kartu mereka antara browser mereka dengan web server yang menerima informasi.

Pada web server, informasi kartu mereka secara tipikal tersimpan di database server (kadang-kadang tidak langsung dikirimkan ke pemroses kartu kredit), dan server database inilah yang paling sering menjadi sasaran penyerangan oleh pihak-pihak yang tidak berkepentingan.

Tidak ada komentar